Alessandro Volta penemu Baterai

Alessandro Volta penemu Baterai. Alessandro Volta lahir pada 18 February 1745 di Como, Italia dengan nama lengkap Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta. Alessandro Volta adalah ahli fisika yang pertama kali menemukan baterai. Baterai adalah benda yang mampu menyimpan muatan listrik. Baterai yang di temukan oleh Alessandro Volta ini di namakan Voltac Pile (tumpukan Voltaik). Baterai Volta di temukan pada tahun 1800 ketika Alessandro berusia 55 tahun.

Alessandro Volta Masa kecil Alessandro Volta tidak di ketahui. Namun menurut beberapa kabar, konon dia adalah seorang anak yang cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Kepandaiannya tersebut mengantarnya menjadi profesor Fisika di sebuah sekolah kerajaan di Como pada tahun 1774. Pada tahun 1775, Alessandro Volta mempopulerkan electrophorus, yaitu sebuah lalat yang bisa menghasilkan listrik statis.  Alat tersebut sebenarnya di temukan oleh seorang profesor Swedia bernama Johan Wilcke pada tahun 1762. Namun karena Volta yang mempopulerkannya, orang samapi menyangka bahwa dia penemunya.

Pada tahun 1776 –1778, Volta mempelajari tentang gas kimia dan menemukan gas metana setelah membaca tulisan Benyamin Franklin tentang udara yang berpijar. Volta  mencari metana di seantero Itali secara cermat, dan pada tahun 1776 Volta menemukan metana di danau maggiore dan pada tahun 1778 berhasi mengisolasinya. Volta melakukan banyak percobaan dengan gas metana tersebut, salah satunya adalah percobaan pembakaran metana oleh percikan listrik dalam wadah tertutup. Percobaan ini membuktikan bahwa metana adalah gas mudah terbakar. Disaat yang hampir sama, Volta juga mempelajari apa yang di sebut dengan kapasitansi listrik dan mengembangkan makna yang berbeda antara beda potensial(V) dan muatan(Q)  serta menemukan bahwa untuk objek tertentu, mereka bersifat proporsional. Dari pelajaran ini tercetuslah hukum Volta yang terkenal itu. Sehingga untuk menghargai jasanya, nama Volta di abadikan sebagai satuan beda potensial listrik yaitu Volt.

Pada tahun 1779, Volta diangkat menjadi profesor fisika eksperimental di Universitas Pavia dan menduduki jabatannya tersebut selama hampir 25 tahun. Pada tahu 1791, Volta meneliti kembali penemuan Luigi Galvani yang di kenal dengan istilah Animal Electricity (Listrik hewan).  Listrik hewan ini adalah fenomena yang timbul ketika dua logam yang berbeda yang dihubungkan secara seri dengan kaki katak dan satu sama lain. Volta menyadari bahwa kaki katak dapat berfungsi sebagai konduktor dan detektor listrik secara bersamaan. Lalu ketika Volta mengganti kaki katak dengan kertas yang di rendam air garam, dia mendeteksi adanya aliran listrik yang asing baginya. Melalui percobaan ini Volta menemukan seri elektrokimia, dan hukum gaya gerak listrik (ggl) dari sebuah sel galvanik, yang terdiri dari sepasang elektroda logam yang dipisahkan oleh elektrolit, adalah berbeda antara dua elektroda potensialnya. Hal ini merupakan bagian dari Hukum Volta tentang seri elektrokimia....

Pada tahun 1794, Volta menikahi Teresa Peregrini dan membesarkan 3 orang anak. Sebagai seorang ilmuwan yang berbakat, kemampuannya itu di perhitungkan oleh Napoleon yang menemuinya secara pribadi pada tahun 1810. Dan untuk menghormati jasa-jasanya di bidang ilmu pengetahuan, sosok Volta dan penemuannya di gambarkan pada uang 10.000 Lire Italia. Volta pensiun di tahun 1819 dan meninggal pada 5 Maret 1827 dalam usia 82 tahun. Ia dimakamkan di Camnago Volta.

Sebuah museum di Como, Gedung Voltian, telah dibangun untuk menghormatinya dan memajang beberapa peralatan asli yang ia digunakan untuk melakukan percobaan. Selain itu untuk menghormati jasanya, nama volta di abadikan sebagian satuan beda potensial listrik yang dinamakan volt.

1 comments:

Unknown said...

thanks infonya (y)

lengkapi info sejarah tentang baterai di

https://jadisejarahwan.wordpress.com/2015/08/22/baterai/