Cara menulis Biografi | Langkah-langkah Menulis Biografi

Cara menulis Biografi. Menulis Biografi tidaklah mudah,. Butuh keahlian khusus dan ketelatenan. Karena banyak bahan yang harus di kumpulkan dan di selidiki kebenarannya.

Seperti Anda tahu, hidup seseorang tidak lepas dari gosip, kabar burung dan tuduhan-tuduhan tidak mendasar. Seorang penulis Biografi harus mampu menulis berdasarkan kenyataan sebenarnya. Karena itu sebelum menulis, si penulis Biografi harus melakukan riset dan mengumpulkan informasi tentang tokoh yang akan dia tulis. Jangan sampai setelah buku Biografi yang di tulisnya terbit. muncul polemik dan tuntutam-tuntutan karena tulisannya di anggap tidak mendasar.

Biografi adalah tulisan tentang perjalanan hidup seseorang. Menulis biografi dapat menjadi salah satu cara untuk membangun pencitraan diri. Seperti yang sedang marak akhir-akhir ini. Banyak politisi atau pejabat yang melakukan pencitraan dengan membeberkan kisah hidupnya melalui sebuah buku biografi. Sehingga saat ini keahlian menulis biografi dapat di golongkan sebagai suatu profesi.

Menulis Biografi merupakan sarana yang cukup efektif dalam penyebaran pengetahuan tentang seseorang, membangun personal brand dan pencitraan diri. Sayangnya terkadang pesan yang diangkat dan ingin di sampaikan gagal menyentuh audiens. Banyak buku biografi yang hanya menjadi pajangan, baik di perpustakaan ataupun toko-toko buku terkenal. Tidak ada yang mau membacanya, apalagi membelinya. Karena tokoh yang di tulis tidak menarik atau karena isinya yang monoton.

Menurut saya ada 2 hal yang harus di perhatikan jika ingin meulis biografi.
  1. Siapa tokoh yang akan di tulis biografinya
  2. Cara penuturannya
Karena itu menulis Biografi berbeda dengan menulis novel. Seorang penulis biografi sedikit banyak harus mengenal tokoh yang akan di tulis biografinya, baik secara selintas maupun secara mendalam. Karena itu dalam menulis biografi ada tahap-tahap yang harus di lakukan sebelum memulai penulisan. Apa sajakan langkah-langkah menulis Biografi?

Langkah-langkah menulis Biografi

  1. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tokoh yang akan di tulis biografinya. Yang terbaik adalah bertemu langsung dan mewawancarai sang tokoh dan orang-orang yang mengenalnya dengan baik. Jika sang tokoh sudah meninggal, maka hubungi saudara, kerabat atau siapa saja yang mengenal si tokoh dengan baik. 
  2. Kumpulkan data-data yang akurat dan legal sebagai pendukung. Baik dalam bentuk tulisan di media yang mengulas tentang sang tokoh ataupun dalam bentuk foto, video, dll. Sehingga anda mengetahui apa pendapat orang lain tentang sang tokoh dari perspektif yang berbeda.
  3. Mintalah pendapat sang tokoh tentang segala hal yang ingin atau tidak ingin di ketahui publik tentang dirinya. Hal ini untuk mencegah tuntutan hukum di kemudian ahari jika sang tokoh merasa anda melakukan pencemaran nama baik
  4. Mulai menulis dengan baha-bahan yang tersedia. Jika kurang jelas, hubungi lagi narasumber agar tidak terjadi kesalahan yang tidak di inginkan.
  5. Setelah penulisan selesai, mintalah tokoh anda untuk membaca draft naskah, dan menyetujui setiap kalimat yang anda tuliskan di sana. Agar kemudian hari tidak ada silang sengketa. Jadikan tokoh anda sebagai salah satu editor naskah biografi anda.
  6. Selesai, dan buku siap di terbitkan..

0 comments: